Selamat Datang

Mencoba untuk menulis dalam sebuah blog yang isinya bercerita tentang kehidupan gue dan mungkin nantinya akan ditambahkan dengan dinamika kehidupan yang gue jalani.

Dan berharap mendapatkan feedback berupa komentar bahkan cacian ataupun kritikan.

Segitu aja deh, laen kali ditambahin ya

Berharap dapat menjadi bahan sharing buat kita semuanya. Karena manusia itu makhluk sosial yg butuh teman di dunia maya maupun dunia nyata

Selamat menikmati ya gan

Rabu, 19 Januari 2011

Stop membakar racun dan kertas

Di edisi ini gue akan bercerita tentang rencana gue untuk berhenti merokok gan, yup berhenti merokok yg dibilang khalayak ramai susah ternyata itu hanya mitos belaka. Ya ini sih menurut pengalaman gue aja yg udah bisa berhenti merokok.

Rokok itu emang candu, banyak orang ngerokok dan susah berhenti karena bilangnya sih ada nikotin yg membuat kita jadi kecanduan gan.

Oke gue mulai ceritanya, siapin kopi minus rokok ya, dan cemilannya. Oke, gue mulai merokok itu pas SMA kelas 1, tapi itupun jarang jarang alias gak konstan, hetdah ngerokok aja bahasanya konstan. Awalnya ngerokok sih pasti aneh deh, hambar gak ada rasa dan mengeluarkan asap, aneh! Gue ngerokok karena ngeliat orang pada ngerokok, apa rasanya sih. Wajar, masih mencari jatidiri gue... sampe sekarang sih, hahahaha... Akhirnya gue putuskan buat beli sebatang rokok Starmild. Gue bakar dan gue isep, weh manis ternyata, enak nie manis. Biarpun berasa manis tapi gue belom begitu tertarik untuk menggeluti ngerokok secara profesional.

SMA emang masa masa mau mencoba segala hal baru, termasuk ngerokok. Tapi emang gue gak berani ngerokok di depan umum jaman SMA, takut ada yg ngeliat orang yg kenal bapak ibu gue, hahaha.. Lagipula sekolah gue gak memperbolehkan siswi dan siswanya ngerokok, yaiyalah mana ada sekolah yg memperbolehkan, gebleg! 

Mulai rajin membakar racun dan kertas itu saat gue lulus SMA dan kuliah, Eng..Ing..Eng.. Inilah masa dimana gue sangat bebas gan! Yup mulailah ngerokok gue dengan rajin. Gue kuliah di YAI Salemba, awal gue kuliah itu naek patas. Nah kesempatan baik kan saat menunggu = merokok, tak terbantahkan nikmatnya. Oiya rokok gue itu rokok putih macam Marlboro, Dunhill, Lucky Strike. Gak maen gue rokok jenis mild, hahaha... Awalnya nyoba aja dulu pakenya jenis mild. Kenapa gue memilih rokok putih yg dibilang orang pait? Karena gue gak mau rokok yg kandungan nikotin dan tarnya tinggi, macam mild dan gudang garam atau super atau bahkan samsu. Dan gue juga dalam merokok tetap mengedepankan kesehatan, hahaha... Yup gue gak merokok setelah makan. Orang biasanya abis makan langsung ngerokok, sorry gue gak. Kenapa alasannya gak boleh ngerokok setelah makan? Tanya sama dokter biar lu tau jelas gan.

Saat nunggu bus, saat nunggu dosen masuk, saat hangout di kantin kampus sama temen temen. Bener bener deh kebanyakan temen gue di kampus itu perokok. Tapi emang asoy geboy ngerokok rame rame bareng temen sambil bercanda dan ngobrol. Hampir dimanapun gue sempatkan untuk merokok, lagi nyetir mobil sendiri gue ngerokok, lagi dirumah sendirian gue ngerokok, lagi dirumah temen gue ngerokok.

Gue sempet berhenti ngerokok 8 bulan tepatnya, karena gue mikir juga akhirnya, kasian paru paru gue, udah jarang olahraga, dihajar ngerokok juga yg isinya racun bikin gue cepet mati nie. Sebenernya gue berhasil berhenti ngerokok 8 bulan, tapi lalu gue akhirnya ngerokok lagi, sayang banget sih ya..

Sebenernya kiatnya gampang aja buat berhenti ngerokok, lu cukup punya kemauan yg kuat, support dari orang yg tersayang dan juga banyakin kesibukan biar lu lupa ngerokok dan sedia permen buat jaga jaga kalo hasrat mau merokok datang. Banyak orang bilang gak bisa langsung stop merokok, harus dikurangi perlahan. Kalo gue sih, langsung total stop berhenti merokok tanpa ada pengurangan. Macam subsidi aja dikurangi segala. Gue langsung berhenti ngerokok saat itu juga, dan gue sama sekali gak ada masalah. Gak pusing, gak emosian, gak asem mulutnya dan sebagainya. Itu semua gue anggap sebagai sugesti lu doang yg udah kecanduan. Jujur aja sebenernya gue juga perokok berat, bisa abis 2 hari satu bungkus rokok Marlboro. Bahkan Dunhill sebungkus pernah beberapa kali gue abisin dalam sehari. Namun dalam kenyataannya gue entah kecanduan apa gak, gampang aja tuh buat berhenti ngerokok.

Dan sekarang, setelah gue kembali ke dunia perokokan, gue memtusukan untuk kembali berhenti merokok terhitung tanggal 2 Desember 2010. Kenapa gue milih tgl tersebut? Karena di tanggal itu, gue punya hobi baru yaitu bersepeda!! Yup gue baru bikin sepeda fixie gan! Gak cocok juga kali abis olahraga gowes bersepeda terus ngerokok, ibaratnya mah abis makan kenyang terus dikeluarin lagi itu makanan. Dan sampai sekarang gue masih setia pada komitmen gue untuk berhenti ngerokok, biarpun baru satu bulan lebih. Sama seperti yg lalu, gue pun langsung total berhenti ngerokok tanpa mengurangi secara perlahan jumlah rokok yg dihisap. Lagipula pacar gue mendukung gue buat berhenti ngerokok dan gue sangat senang dengan hobi baru gue ini.

Berhenti ngerokok banyak dampak positif bagi gue, jadi seger terus dan nafas jadi panjang. Kuat buat olahraga juga. Ya olahraga bersepeda tentunya dengan  fixie, hehehe... Yup gue kena trend fixie dan gue senang kena korban trend fixie karena ini trend sehat bung, go green! Jadi gue bangga dong. Apalagi dengan gowes fixie, gue bisa olahraga sekaligus bergaya, hahaha... Kenapa bisa bergaya? Karena dengan lu gowes fixie bakalan banyak pasang mata yg akan melirik ke lu, lu buktikan sendiri gan! Trust me it's work, hahaha...

Gue udah niatan untuk berhenti ngerokok dan rajin gowes biar sehat selalu. Apapun sepeda lu yg penting semangat gowesnya. Percuma sepeda mahal tapi cuma jadi pajangan gan. Mudah mudahan ini bisa jadi hal yg baik bagi kita semua.

Mengikuti trend yg sedang berlangsung boleh boleh aja, tapi diliat dulu manfaatnya bagi kita. Gue ikutan trend fixie karena bagi gue, gue anggap ini investasi kesehatan. Yup, gue rakit fixie buat gue pake gowes bukan sebagai pajangan. Kalo udah gak ngetrend, setidaknya bisa gue pake terus itu sepeda dan gue tetap sehat. Gue juga udah gak ngerokok dan tambah syahdu kalo diduetkan dengan berolahraga gan. That's the point.

4 komentar:

  1. mantap bang, gw juga udah mulai dengan niat yg sangat amat tinggi, tapi gw ga bs langsung stop, hehehe.. tp gw slalu berusaha kok, alhamdulillah sedikit demi sedikit udah bisa.
    hehehee... nice for u..

    BalasHapus
  2. hehehe... mari bersama kita sehat :)

    BalasHapus
  3. sepatu kayak gw kenal tuh bang... :P
    nice shoes...

    BalasHapus
  4. hahaha... yoi dong DC shoes :))

    BalasHapus