Selamat Datang

Mencoba untuk menulis dalam sebuah blog yang isinya bercerita tentang kehidupan gue dan mungkin nantinya akan ditambahkan dengan dinamika kehidupan yang gue jalani.

Dan berharap mendapatkan feedback berupa komentar bahkan cacian ataupun kritikan.

Segitu aja deh, laen kali ditambahin ya

Berharap dapat menjadi bahan sharing buat kita semuanya. Karena manusia itu makhluk sosial yg butuh teman di dunia maya maupun dunia nyata

Selamat menikmati ya gan

Selasa, 09 April 2013

Social Media

Social Media kian banyak, penggunanya pun semakian buanyak dari berbagai kalangan. Mulai dari social media yang paling tersohor, Facebook hingga twitter, Path dan Pinterest.
Nah gue cuma berpendapat aja sih, social media di Indonesia tuh laku keras bak kacang goreng, karena masyarakat Indonesia tuh hobi banget bersosialisasi. Gak percaya? Mayoritas masyarakat Indonesia itu hobi banget kumpul kumpul, entah itu kumpul dengan tema ngopi ngopi di tempat yang wow sampe kumpul di warkop atau gang sempit, intinya sih kumpul kumpul.

Nah dengan majunya teknologi, masayarakat Indonesia pun dimanjakan deh. Ponsel canggih yang murah sudah merajalela, internet di ponsel yang semakin murah, dan kian banyaknya aplikasi social media membuat masyarakat Indonesia menjadi keranjingan bersosmed. Ditambah dengan "hobi" masyarakat Indonesia itu sendiri yang gemar bersosialisasi dalam bentuk apapun dan dimanapun.

Beralih ke social media itu sendiri, gue lebih menggandrungi Twitter dan Path. Oke, awalnya sih gue lahir dari friendster yang udah wafat. Lalu ke Facebook dan kini ke Twitter dan Path. Facebook gue udah jarang gue pergunakan, udah gak pernah gue update status di Facebook, Facebook sekarang jadi ajang crosspost gue dari Path. Facebook menurut gue udah sangat banyak sampah lah ya. You know what I mean lah ya.. Maka dari itu gue dari semenjak beberapa tahun lalu, mulai intens mempergunakan Twitter hingga sekarang, lebih dinamis dan to the point sih twitter itu menurut gue. Meskipun sebenarnya awalnya Twitter itu micro blogging namun oleh masyarakat Indonesia termasuk gue dijadikan ajang curhat, keluh kesah dan media penyampaian informasi yang cepat.

Twitter, banyak penggunanya di Indonesia, namun sedikit yang memahami betul pengoperasian Twitter itu sendiri. Penggunaan Reply dan Retweet yang salah kaprah oleh pengguna di Indonesia. Reply itu sebenar benarnya digunakan untuk membalas mention yang masuk ke akun Twitter kita. Retweet itu dipergunakan untuk me-tweet ulang tweet dari orang lain. Tapi sih disini, balas mention pake Retweet, bikin sampah di timeline gue aja!

Twitter juga dipakai oleh banyak penggunanya untuk sesi curhat, sedih, emosi dan campur campur lah. Membongkar aib dirinya dan orang lain di Twitter, sedih, senang dan berdoa dilakukan di Twitter. Berdoa di Twitter/social media dikira Tuhan punya akun social media? Ah sudahlah, namanya juga idup kayak gue gak pernah aja sih ya, hahaha...

Gue sendiri cenderung ekspesif di Twitter, ya bisa diliat sih jumlah twit gue udah ratusan ribu, mau balapan kali ya sama akun Twitternya TMC dan Detik hahahaha... Yup gue sering banget menulis di twitter dan kebanyakan sih gak penting dan gak serius tapi tetap kaidah penggunaan Reply dan Retweet yang benar dong, hidup udah serius ngapain di social media diseriusin. Gue ekspresif di Twitter, gue tulis apapun di Twitter bahkan cenderung menggunakan kata kasar sih kalo lagi kesel, hahahaha... Dulu sih gue sering curhat di Twitter, tapi sih sekarang udah gak. Gak perlu orang lain tau permasalahan gue yang diumbar umbar di social media.

Di dunia nyata sih gue cenderung pemalu, penuh welas asih, ramah, sopan dan baik hati namun di Twitter sih cenderung ekspresif ya. Nulis kata kata kotor, seperti sampah, comberan, debu gitu deh hahaha...

Gak perlu orang lain tau kepribadian gue seperti apa, belum tentu benar penilaian mereka tentang gue di social media seperti Twitter yang hanya memiliki 140 karakter.

Sama kayak Twitter, gue juga sering mempergunakan social media Path, gak perlu gue jelasin sih ya, bisa dicari di mbah Google hehehe... Yup Path gue pake buat check in di suatu tempat, upload foto yang menarik (kayak instagram) dan untuk update status menonton film atau mendengarkan lagu. Asyik lah menurut gue Path dan Twitter itu dibanding social media yang lain. Dan tetap bijak menggunakannya.

Mungkinkah ada social media menarik lainnya di waktu depan? Kita tunggu saja, karena menurut gue, hanya dua itu saja, Twitter dan Path, social media yang ciamik ranca bana hahaha...



Bersosialisasi di social media sah sah saja asal bertanggung jawab dan bijaksana dalam menyikapi informasi yang ada, cek kebenarannya terlebih dahulu jangan langsung termakan informasi mentah nan murahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar